Skip to main content

Trik Agar Otak Kreatif Dan Inovatif

Trik Agar Otak Kreati Dan Inovatif


Trik Agar Otak Kreatif Dan Inovatif


Ada guyonan yang mengatakan bahwa otak orang Indonesia kalau dijual harganya sangat mahal ketimbang otak orang Jepang, kenapa?, karena otak orang Indonesia jarang digunakan, jadi masih original. He he he...itu hanya guyonan, tapi jika kita pikir-pikir mungkin ada benarnya ya, kalau kebanyakan orang indonesia masih jarang yang menggunakan otak secara optimal, dibanding bangsa jepang, cina, dan negara maju lainya, terbukti segala produk dan merk barang canggih berasal dari luar negeri. Oke tapi jangan minder, karena otak bisa kita latih agar bisa punya daya pikir yang optimal dan jenius.
Betapa hebatnya Allah yang telah menciptakan manusia dengan otak yang terdiri dari berjuta-juta sel, yang dengan adanya otak juga kita bisa melakukan ini itu. Hanya saja sesungguhnya dari berjuta-juta sel syaraf otak manusia yang digunakan  untuk berpikir tidak sampai 1persenya. Bayangkan hebat bukan, belum sampai 1persen, sudah bisa beraktifitas, bahkan kadang-kadang bisa menemukan ide yang breliyan.
Bahkan seorang tokoh ternama sekaliber Albert Einsten, yang terkenal dengan kejeniusanyapun, Cuma menggunakan sel otaknya kurang dari 2. Terus bagaimana dengan kita yang hidup di zaman modern ini, semua serba ada hingga tak perlu repot-repot memikirkan. Hal inilah yang menjadikan manusia di era modern ini daya fikir kian kurang, karena jarang dilatih untuk berfikir.
Oke langsung saja yuk kita latih otak kita, dengan trik dan metode berikut, sehingga akan mengaktifkan lagi beberapa sel dalam otak kita.

Trik Agar Otak Kreati Dan Inovatif


Pertama. Melatih Anggota Tubuh Non Dominan

Setiap manusia dalam kehidupan sehari-hari pasti melakukan sesuatu, misal; menulis, menutup atau membuka pintu, dll. Nah pada saat beraktifitas seperti inilah kita harus mulai melatih anggota tubuh kita yang tidak biasa untuk dibiasakan. Contoh; kita dalam menulis kebanyakan menggunakan tangan kanan, maka sekali-kali kita latih dengan mengguakan tangan kiri. Lakukanlah pada aktifitas-aktifitas lainya. Kecuali jika hal-hal tersebut merupakan etika dan hukum Agama maka jangan coba-coba kita merubahnya.
Dengan demikian syaraf baru otak kita akan terbentuk sehingga akan menambah daya pikir yang optimal.

Kedua. Perbanyak Aktifitas membaca buku

Membacalah segala hal baik itu buku pelajaran, karya sastra, dll. Dengan membaca maka otomatis otak kita akan terlatih, kareana pada dasarnya meskipun aktifitas membaca yang melihat tulisan adalah mata, tetapi yang dominan bekerja adalah otak. Selain itu membaca juga akan menunda atau bahkan mencegah kepukunan. Inagat ya Kepikunan, bukan Ketuaan. Kalau ketuaan nggak bisa dicegah sebab itu adalah pasti akan datang. He he he...
Ketiga. Mencobalah memainkan permaianan strategi,puzzel dan teka teki
Dengan bermain permainan semacam itu, otak kita akan terlatih, karena tanpa disadari dengan memainkan permainan strategi, puzzel dan tetaka-teki otak kita akan totalitas fokus memikirkan bagaimana agar bisa menyelesaikan dengan baik atau memutar otak secara optimal untuk mengalahkan lawan main, sehingga dengan bermain ketiga permainan tersebut sekaligu akan melatih kedua otak kita, yaitu otak kanan dan kiri.

Keempat. Berusahalah Merubah Kebiasaan Baru

Agar Koneksi otak aktif dan peka maka kita juga harus merubah kebiasaan atau rutinitas  yang baru, seperti memindah tata letak perabotan kamar, mendesain ulang ruangan, ataupun gaya hidup yang selama ini kurang sehat juga perlu kita rubah menjadi lebih sehat, misalkan bangun tidur kita langsung mandi, ubahlah dengan kebiasaan yang baru, contoh; bangun tidur terus wudhu, sholat subuh kemudian setelah selesai dilanjutkan olah raga kemudian baru mandi. Itu akan meningkatkan kepekaan otak terutama pada daya penalaran, perhatian dan memori.

Kelima. Belajar memainkan musik dan Mendengarkan lantunan musik

Dengan mendengarkan lantunan musik serta mencoba belajar untuk memainkanya, maka otak kanan kita akan terlatih sehingga juga akan mengaktifkan sel-sel otak kanan yang selama semenjak kita lahir hingga sekarang belum digunakan. Selain musik mendengarkan lantunan ayat-ayat qur’an juga termasuk terapi menghidupkan sel otak yang selama ini tidak aktif.

Keenam. Menjalani Kehidupan sosial yang Aktif.

Otak juga bisa dilatih dengan cara kita melakukan kehidupan sosial di masyarakat, misalnya; selalu aktif dalam jama’ah yasinan, berkunjung kerumah teman, ikut aktif kerja bakti,dll.
Menurut sebuah penelitian universitas Medical Center tahun 2006 yang dipromotori oleh Dr. David Bennet, bahwa menjalani kehiduan sosial yang aktif dapat mencegah terjangkitnya penyakit Alzheimer.

Ketujuh. Temukan Minat dan Hobby Baru

Mencoba minat dan hobby baru juga termasuk cara mengasah otak agar lebih tajam, contoh anda selama ini tidak suka mancing, maka mulai sekarang mencoba dan sukailah mancing,jadikan memancing hobi baru anda yang akan anda lakukan saat waktu libur anda. anda selama ini tidak suka nonton film, maka mulai saat ini nontonlah film. Terus dan terus gali dan ciptakan hobby baru yang selama ini anda nggak suka jadikanlah kesukaan.

Demikian Trik Agar Otak Kreatif dan Inofatif. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Dan saya yakin jika kita melatih otak kita dengan menjalankan trik-trik diatas maka beberapa sel-sel otak kita akan ada yang kembali aktif, sehingga kita menjadi manusia yang seimbang kekutan antara otak kanan dan otak kiri yang pada akhirnya cerdas dalam berfikir dan cerdas dalam mengatasi masalah.

Dan di akhir artikel ini Izinkan saya berdoa untuk anda para pembaca dan pengunjung Blog ini.


“ Ya Allah Sang maha Pemberi, sukseskanlah Pengunjung dan pembaca blog ini, lapangkanlah Rizki mereka, dan panjangkanlah umurnya sehingga bisa membuat kemaslahatan bagi Keluarga, Agama dan Orang banyak, Robbana aatina Fidunya Khasanah Wa filAkhiroti Khasanah, Wakina ‘Adzabannar. Amin .”

Comments

Popular posts from this blog

Setrategi Berhadapan Dengan Teman Sombong

"Setrategi Berhadapan Dengan Teman Sombong" Hai Poro Dulur...! Salam Sukses Untuk Kita Semua. Oke Poro Dulur... Tentu saja kita sebagai mahluk sosial pasti mempunyai banyak teman, dan di sekian banyak teman kita tuh pastinya banyak ragam sifat dan prilaku berbeda-beda  yang dimiliki oleh teman-teman kita, ada yang sifatnya super baik banget yaitu selalu ngerendah hati, sudah cantik atau ganteng baik pula budi pekertinya, sampai-sampai kita ngiri kepingin niru sifat dia yang terpuji banget. Tapi juga ada yang super sombong nggak ketulungan, selalu mamerin dari kehebatanya, yang sebenernya biasa-biasa saja. Sampai mamerin benda-benda yang dimilikinya. Bahkan embahnya yang barusan naik Haji juga di bangga-banggain diceritakan kemana-mana. Sebel so pasti jika menghadapi teman model begini. Mau ditinggal pergi dikira kita nggak sopan, tidak menghargai teman sedang bercerita. Kalau didengerin bikin telinga gatal “habis nggak nyaman banget”, membosankan gitu. B

Cara Mujarab Menyelesaikan Hutang

"Cara Mujarab Menyelesaikan Hutang" Tidak bisa kita pungkiri, bahwa sebagian manusia tidak bisa hidup tanpa berhutang. Sebab kecenderungan manusia seberapa besar sekalipun gaji atau penghasilan yang didapatkan akan selalu merasa kurang, itu disebabkan gaya hidup manusia yang mengikuti penghasilan, semakin besar penghasilan, maka semakin tinggi pula gaya hidup seseorang, bahkan kadang keinginan melebihi dari kemampuan, sehingga kita harus berhutang kesana kemari untuk memenuhi keinginan-keinginan itu. Oke jika kita berhutang hingga menumpuk hanya karena ingin menuruti keinginan-keinginan yang semestinya bisa di cegah, tetapi kita kalah oleh nafsu yang terus merayu, maka sudah pasti itu adalah salah kita. Tetapi bagaimana jika kita berhutang memang benar-benar demi kebutuhan, misal untuk membayar SPP anak, atau bahkan mungkin sebagian kita memang berhutang hanya untuk menyambung agar dapur tetap mengebul?. Terlepas dari kesalahan atau memang sebab kebutuhan, baga

Kumpulan PUISI Cinta, Asa dan Harapan

"Kumpulan PUISI Cinta, Asa dan Harapan" BEGITU KHUSYUKNYA Begitu khusyuk kau lantunkan doa-doa itu untuk hidup mulia dan berjaya hingga aminnya, membuat air mata tak terbendung menderas melebihi tangis langit disambut senyum bumi haus. Bukan penyesalan dosa, air mata tercipta Tapi hidup yang tak seperti langit biru bertabur bintang, yang diadukan pada-Nya Begitu khusyuknya kau banting tulang-tulangmu dalam karya mengejar cita-cita maya Sekali dua kali tepat waktu mengingat-Nya Lambat laun lima waktu terabaikan jua saat cita kian tercipta. Engkaupun tiba-tiba mengganti kekasih dalam hidupmu Hingga nama-Nya tak lagi di hati Dicampakkan di mushaf usang yang kau taruh di atas lemari Berdebu, lusuh tak pernah kau sentuh. CINTA Bukan cinta ku beri nama kekaguman akan paras jelita. Ialah birahi yang meledak menciptakan pujian musrik di luar hak Tidaklah cinta kuberi nama, kegilaan akan harta dan